Rabu, 03 April 2013

APLIKASI KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA

By: Andri Kurniawan

          Gambar
Belajar kimia itu mengasyikkan. Ada banyak hal yang dapat kita ketahui melalui kimia. Hal ini karena kimia itu termasuk sunnatullah. Jika memahami dengan baik, ada banyak hal yang dapat dipahami melalui belajar kimia, apa yang terjadi didunia ini dapat dijelaskan dengan kimia.
Dewasa ini, dunia semakin berkembang dan maju, sarat dengan teknologi-teknologi terbarukan. Dulu setiap orang yang berbicara masalah teknologi sebut saja komputer misalnya, terkesan begitu “gimana gitu”,…bahasa bekennya, terkesan …”WAW”. namun sekarang sudah tidak lagi, sudah kebanyakan masyarakat bisa dikatakan memiliki komputer dan teknologi terbarukannya. Dan hal ini sangat membantu dalam pembelajaran kimia. Belajar kimia jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan.
Dengan komputer, pembelajaran kimia dapat jadi mengasyikkan dan menyenangkan serta kita dapat dengan mudah mempelajari dan memahami kimia. Bukan hanya dengan komputer, teknologi terbarukannya yang lain seperti Laptop juga banyak digunakan. Pembelajaran kimia dengan komputer dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer yang telah tersedia didalam komputer tersebut, beberapa diantaranya yaitu, seperti MS.WORD, MS. EXCEL, MS. POWERPOINT, PhotoShop, dan masih banyak lagi yang lain, namun sementara ini empat buah aplikasi dulu yang akan dibicarakan. Berikut penjelasannya.


 Microsoft Word (MS.WORD)
GambarSebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD yaitu untuk pembelajaran kimia terutama. Karena dengan MS WORD ini kita dapat dengan mudah membuat sebuah dokumen, baik itu berupa laporan praktikum maupun hal-hal lain yang terkait dengan kimia. Dengan memanfaatkan berbagai fitur pada tool bar pada MS WORD. Salah satu contonya pembuatan rumus kimia  seperti penulisan rumus Asam Sulfat
H2SO4         4 dan 2 merupakan  indeks yang menyatakan jumlah unsur pembentuk senyawa
Indeks ini dapat kita buat dengan menggunakan font subscribt atau dapat menggunakan menu pntas dengan keyboard dengan menekan (ctrl+=), sebelum itu sorot dulu angkanya. Nah, begitu seterusnya. Reaksi kimia, persamaan kimia dan lain-lain yang berkaitan dengan kimia dapat dikerjakan lewat MS WORD.

Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)

Pembuatan Numbering
Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.

Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)

Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).

Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)

Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.

Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)

Editing dengan Document Map
Agar editing dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat).
Itu sebagian kecil dari pemanfaatan MS WORD. Dengan terus menerus mempelajarinya bagian yang kecil itu akan berkembang, insya ALLAH.


Microsoft Excel (MS. EXCEL)
           Gambar Dengan MS. EXCEL kita dapat dengan mudah mengkakulasikan sebuah data dan dapat diproses dengan cepat.
Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,
1. Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat Daftar Nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7.Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10.Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat Karena, Ms. Excel dapat:
     1.    Menemukan dengan cepat pola dalam data
     2.    Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
     3.    Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
     4.    Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
     5.    The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.
         Dalam hal ini peran Microsoft Excel sangat membantu sekali untuk pembelajaran kimia. Apalagi dalam proses pembuatan kurva, Juga sangat membantu. Kita dapat membuat kurva dengan cepat dan dengan hasil yang baik.
Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
    Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
    Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
    Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
    Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Selain itu, ada juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft Excell,diantaranya adalah sebagaiberikut :
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Menulis Rumus
1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
b. > : lebih besar dari
c. < : lebih kecil dari d. >= : lebih besar atau sama dengan
e. <= : lebih kecil atau sama dengan f. <> : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A5<17,”anak – anak”,”dewasa”)>30,”panas”,
if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
  1. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
   2. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,
penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
   3. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter,
penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
   4. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string,
penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
   5. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
   6. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Berikut contih tabel yang dibuat dari pengolahan data dengan menggunakan MS.EXCEL.



Microsoft Power Point
Gambar
Microsoft Power Point sangat berguna dalam presentasi atau penampilannya dapat diterapkan kelayar atau disebut juga proyektor. Dengan demikian pemeblajaran kimia dapat diperhatikan secara lebih mudah dan lebih jelas lagi. Karena dengan Microsoft Power Point dimanfaatkan menu animasi yang dapat membuat gerakan gerakan tersendiri serta dapat membuat animasi kimia yang dapat dimanfaatkan dalam pemebelajaran kimia, sehingga lebih mengasyikkan. Menu-menu yang ada di Microsoft Power Point dapat digunakan dengan mudah.








PHOTOSHOP
Gambar
Dengan photoshop, kita dapat berkreasi dengan mewujudkan berbagai imaginasi kita keberbagai media gambar. Sehingga dapat digunakan dalam berkarya. Kita dapat melakukan editing foto, membuat gambar, membuat pamflet dan lainya. Dalam kimia Ps ini dapat digunakan sebagai salah satu aplikasi dalam pembuatan media pembelajaran kimia.
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 ,versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.



Penjelasan lebih lanjut tentang Powerpoint dan photoshop, ditunggu ya…..
Dan masih banyak lagi aplikasi lain, semoga membantu menambahah khazanah Ilmu rekan2 sekalian.
Terima kasih……^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Periodic Table of the Elements (Mendeleev's table)

Apakah ini semua membantu anda?